SIMBOL PASKAH


Makna Simbol Paskah
Oleh; MM Team


Hari Paskah merupakan salah satu hari besar bagi umat Kristiani. Makna untuk Paskah itu sendiri adalah Tuhan Yesus bangkit dari alam maut, setelah mengalami penyiksaan yang kemudian disalib, dikubur dalam Kubur Batu dan tepat pada hari ketiga setelah wafatnya, bangkit dari antara orang mati, seperti yang Ia katakan. 
Setiap perayaan tidak semata- mata hanya sekedar merayakan, namun setiap perayaan tentunya memiliki simbol-simbol yang hadir dan memiliki makna yang berarti, salah satunya yaitu makna dari simbol perayaan Paskah itu sendiri. Dalam tulisan kali ini, akan dibahas tentang 10 simbol paskah yang sampai sejauh ini masih banyak orang yang belum sepenuhnya memahami berbagai simbol dalam perayaan hari Paskah, terutama bagi umat kristiani itu sendiri.  

      Makna 10 simbol paskah itu sendiri, yaitu ;

1.   
Kelinci; Kelinci pada Paskah membawa karakteristik mirip dengan Santa Claus Natal. Kelinci diyakini yang memberikan telur Paskah, permen, dan hadiah kepada anak-anak saat Paskah. Kelinci dihubungkan dengan Paskah karena usia mereka merupakan simbol kesuburan serta kehidupan baru


2.    Salib; secara alami melambangkan salib di Bukit Kalvari, dimana Yesus disalibkan.
3.    Kupu-Kupu;   Kupu-kupu juga menjadi simbol penting dalam Paskah. Kupu-kupu menjadi  indah melalui beberapa tahap, mulai dari ulat, yaitu melambangkan kehidupan Yesus di bumi sejak lahir. Kemudian kepompong, yaitu menyoroti penyaliban Yesus di kayu salib. Terakhir adalah ketika serangga kepompong terbuka dan berubah menjadi kupu-kupu, dimana ini menandakan kebangkitan Yesus.

 
4.    Telur; menandakan kehidupan baru, oleh karena itu telur menjadi simbol utama                  
dalam perayaan Paskah. 

5.    Lilin; Lilin menandakan sinar yang penuh harapan di masa-masa sulit. Hal ini  karena Paskah merupakan hari ketika Yesus bangkit dari kematiannya, sehingga kejadian suci ini mengajarkan setiap orang tidak pernah kehilangan harapan.

6.  Ayam; sama seperti telur, ayam juga melambangkan kehidupan baru. Seringkali gambar ayam tercetak di kartu ucapan Paskah.

7. Bunga Paskah; Lili putih, bunga bakung, dan tulip sering disebut sebagai bunga
Paskah. Hal ini karena mereka melambangkan kepolosan kemurnian, dan musim semi.
  

8. Topi Bonnet Paskah; Dipercayai bahwa mengenakan sesuatu yang baru pada    Paskah akan membawa keberuntungan bagi seseorang. Oleh karenanya muncullah ide menggunakan topi bonnet Paskah. Topi yang dipakai biasanya dihias berwarna-warni dengan menggunakan bunga hias.  

9. Pretzel; Pretzel juga menjadi hidangan Paskah yang populer. Pretzel dipanggangmenggunakan adonan dan memiliki rasa manis. Bentuk pretzel menyerupai batang tubuh seseorang sambil melipat lengan dan berdoa. 





10. Roti Salib PanasRoti ini terbuat dari kismis dan buah jeruk. Sebuah salib ditandai pada bagian atas roti,yang mewakili salib Kristus. Biasanya juga ini terbuat dari beras, gula, atau tepung. 
    


       
Itulah 10 makna simbol paskah, yang sebenarnya cukup sederhana namun memberi makna yang mendalam. Mari meriahkan Paskah dengan cara sederhana namun bermakna. SELAMAT PASKAH ^^

Sumber: https://intisari.grid.id/read/0357003/10-simbol-paskah-dan- artinya?page=all



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebersamaan dalam Retret

MENANAMKAN JIWA DEMOKRASI SEJAK DINI

V.A.L.E.N.T.I.N.E.