Kebersamaan dalam Retret


Narasumber        : Odilia Juanita/9A
Tanggal Kegiatan : 6-9 Februari 2018
Tempat Kegiatan : Rumah Retret
                  Pratista, Bandung, 

                  Jawa Barat (Jl. Kolone                            Maturi No. 591, Cimahi
                  Tengah, Jambudipa,                                Lembang, 
Bandung )


    Mereka berkumpul bersama di sekolah pada Selasa, 6 Februari 2018 untuk bersama-sama berangkat menuju Pratista. Ada 3 guru yang mendampingi, yaitu Pak Darwis, Bu Marcel, dan Bu Frada. Disepanjang jalan di dalam bus mereka bercanda bersama dan seru-seruan bersama menikmati perjalanan dengan gembira. Setelah sampai mereka dibiarkan untuk merapikan diri untuk mengikuti acara selanjutnya, setiap kamar di tempati oleh 2 orang . Pendamping di sana ada 3 Romo dan 1 Frater dengan berbagai sifat yang berbeda-beda.

            Acara dibagi menjadi beberapa sesi, mereka juga diberi waktu untuk istirahat, tidur, untuk bersantai [sesi untuk bebas (menikmati segala sesuatunya)], makan bersama, setiap pagi nya akan dilakukan misa kecuali hari ke 4 mereka hanya melakukan ibadat pagi lalu setelah siang nya mereka baru melaksakan misa penutup, dan selebihnya adalah sesi-sesi. Ada sesi dimana mereka harus membuat suatu hal atau barang yang memiliki tujuan tertentu (bukan hanya sekedar membuat tapi juga suatu yang dihasilkan harus memiliki tujuan/mempunyai tujuan), ada juga sesi dimana mereka memberikan penampilan perkelompok ada menyanyi, ada yang drama, musikalisasi puisi, dan lain-lain. Mereka juga diminta untuk membuat poster/slogan.

            Pada hari ke 3 mereka melakukan retret alam, dimanna mereka harus berjalan dan melewati berbagai tantangan dengan disajikan dengan pemandangan alam yang sungguh indah dan menawan, sesampainya mreka di Curug mereka menikmati alam dengan air terjun yang indah sungguh tak tergantukan momen itu,. 
            Kebersamaan disini sangat dapat dirasakan, setiap malam nya mereka juga dikumpulkan bersama untuk sama-sama saling merenungkan tentang segala yang kita lakukan baik untuk kita sendiri atau orangg lain. Tak sedikit dari mereka bahkan para pendamping yang meneteskann air mata nya (menangis) apalagi perjumpaan mereka, kebersamaan mereka yang akan segera berakhir, Karena mereka akan melanjutkan sekolah mereka kejenjang yang lebuh tinggi lagi momen kebersamaan yang belum tentu akan terjadi lagi.
            Disana mereka diajarkan untuk lebih dekat lagi dengan Tuhan, lebih mengenal antar sesama, peduli pada sesama, merasakan kebersamaan, benar-benar merasakan seperti keluarga yang hidup damai bersama. Dan sebagai momen yang tepat sebagai kebersamaaan terakhir sebelum kelulusan setelah apa yang telah mereka lakukan bersama selama kurang lebih 3 tahun ini.

            Mereka pulang pada Jumat, 9 Februari 2018. Kebersamaan mereka terjadi lagi di dalam bus namun saat setengah perjalanan karena kelelahan mereka menikmati perjalanan dengan tertidur. Mereka sampai di sekolah kurang lebih pukul 20.00 WIB, semua rasa lelah tidak seberapa dengan keseruan, pengalaman, dan kebersamaan yang mereka alami. (riyani_mm_smpsantoantonius)
Retret Alam 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENANAMKAN JIWA DEMOKRASI SEJAK DINI

V.A.L.E.N.T.I.N.E.