KESERUAN LDKS OSIS

Latihan Dasar Kepemimpinan
OSIS SMP Santo Antonius
 Riyani Suyono IX_MM Team


Hi, Guys !!!

     Pada Senin-Rabu, 22-24 Oktober 2018, OSIS SMP Santo Antonius mengadakan kegiatan LDKS lho... Yg dilaksanakan di Wisma Julio – Cisarua, Bogor. Setelah mengadakan pendaftaran bagi calon pengurus OSIS masa bakti 2018/2019, terpilihlah 14 anak yang akan menjadi OSIS SMP Santo Antonius dan mengikuti kegiatan LDKS. Di sana kami didampingi oleh 3 orang guru, yaitu Bu Dian, Pak Sulis, dan Pak Alfons serta 2 mentor dari kelas 9 (ketua dan anggota OSIS masa bakti 2017/2018) yaitu Anjar dan Riyani (saya sendiri).

     Kami berangkat dari sekolah pada Senin, 22 Oktober 2018 pukul 08.15. Di perjalan kami bermain bersama mengobrol dan sangat menikmati suasana di perjalanan sekitar kurang lebih 2 jam, kami sampai di Wisma Julio – Cisarua, Bogor. Sesampainya di sana kami membereskan barang-barang terlebih dahulu, juga mempersiapkan diri untuk apel pembukaan serta latihan yel-yel untuk makan, mandi, dan yel-yel pribadi dan kelompok. Dan untuk para peserta yang ingin berbicara dengan pendamping mereka harus mempraktikan sebuah gerekan yang menjadi ciri khas pendamping tersebut. Dan setiap pendamping memberikan perintah mereka tidak boleh melakukan nya sebelum pendamping ngetakan kata “laksanakan”. Pada awalnya masih banyak sekali yang salah, namun setelah beberapa waktu mereka sudah terlatih dan terbiasa.


     Setelah apel pembukaan, kami bermain games/ice breaking yang sangat melatih konsentrasi dan kerjasama. Di sana kita dibagi menjadi beberapa kelompok dan berbagi tugas untuk mempersiapkan makan, minum, cuci piring, dan snack time. Saat makan/snack time semua saling berbagi makanan baik antar peserta maupun kepada para pendamping. Mereka sangat dilatih kedisiplinan, jika ada kesalahan maka semua akan kena hukuman. Mandi pun kita bergantian, dan pada saat makan apa makanan yang telah kita ambil maka itu harus dihabiskan. Pada malam hari mereka diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan mengenai sekolah dan OSIS SMP Santo Antonius. Setelah itu, mereka satu persatu mempresentasikan jawabannya, jawaban mereka sungguh baik, mereka ingin memberikan perubahan terhadap sekolah kami. Setelah itu kami semua tidur, waktu nya tidur ya kami harus tidur.

     Keesokan hari nya kami bangun pukul 06.00 dan melakukan olahraga pada pagi hari, setelah itu kami semua mandi dan dilanjutkan dengan sarapan. Selesai makan kami berkumpul kembali untuk membahas kembali apa yang telah dikerjakan pada hari kemarin. Ini nih yang paling ditunggu-tunggu, kami mempersiapkan diri untuk pergi ke Curug 7 Cilember. Yang unik nya kami ke sana tidak menggukan bus atau mobil tapi kami berjalan kaki sejauh 7 km. Lelah memang tapi tidak sebanding dengan keseruan saat diperjalanan, setelah sampai kami menikmati alam yang ada di sana dan kami mandi di air terjun.. Seru banget deh pokoknya apalagi seru bareng teman-teman setelah menikmati alam di sana, kami kembali ke villa dengn berjalan kaki juga. Sampai di villa kami membersihkan diri dan bersiap untuk latihan PBB. Malam hari nya, ada apel malam inagurasi (pengukuhan/peresmian) para calon pengurus menjadi pengurus, lega sudah hati mereka. Setelah itu, setiap kelompok menampilkan sebuah penampilan/pensi sungguh bersenang-senang kita di sana bernyanyi bersama, tak terasa hari sudah malam kami ibadat malam dan tidur.


     Hari ketiga kami juga bangun pukun 06.00 berolahraga lalu mandi, setelah mandi mereka semua diminta untuk menyusun/membuat program untuk 1 tahun kedepan. Dan diumumkannya calon ketua dan wakil ketua osis periode 2018/2019, yaitu Yohanes Lefrans A beserta Santa Maria C.B.K dan Stefany Indira beserta Rafael Frans E. Dilakukanlah penyusunan program bersama timses masing-masing calon. Setelah itu kami makan siang dan pulan kembali ke sekolah. Eitss... Ada 1 hal lagi, selama di sana kita bebas berkirim pesan melalui surat kepada siapapun dan dengan isi apapun, banyak lho surat nya isinya juga banyak hal, ada yang menyemangati, bereterimakasih, mengungkapkan isi hati... Pokoknya luar biasa, Semangat Osis SMP Santo Antonius masa bakti 2018/2019, semangat juga untuk kedua calon Ketos dan Waketos. Keep Fighting!!!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebersamaan dalam Retret

V.A.L.E.N.T.I.N.E.

MENANAMKAN JIWA DEMOKRASI SEJAK DINI