PERJUSA ITU ASYIK.... ^_^

Mandiri itu harus!!!

Kalila 7A_MM Team 

Pada tanggal 19-20 Oktober 2018, SMP Santo antonius mengadakan kegiatan PERJUSA atau sering disebut perkemahan jumat sabtu. Perjusa ini dilaksanakan di sekolah kami, meskipun berkemahnya di sekolah hal ini tetap menjadi kegiatan yang menyenangkan. Perjusa dilaksanakan agar melatih kami lebih mandiri,disiplin dalam hal waktu, dan kerjasama. Sayangnya perjusa tahun ini tidak ada jurit malam , padahal aku sangat menantikan jurit malam, tetapi bukan berarti tidak ada jurit malam menjadi tidak menyenangkan. 

Pada hari jumat paginya kami belajar seperti biasa dan menggunakan batik bebas seperti biasa. Ada yang sudah membawa barangnya ada juga yg nanti diantarkan dan ada juga yang pulang. Hal ini membuatku menjadi tidak sabar akan perjusa. Kamipun selesai belajar, siswa siswi SMP Santo Antonius berbondong bondong mengambil barang dan menaruh barang bawaan mereka ke ruang lab.IPA.  Sayapun berganti pakaian menjadi pakaian pramuka lengkap. Waktunya pembagian kamar, terdapat secarik kertas tertempel di tiap pintu kelas. Kamipun dalam tiap regu menyusun tata letak untuk tidur nanti, sekaligus kami juga berlatih untuk acara malam api unggun nanti malam. 

Waktu menunjukkan pukul 17.00, itu tandanya kami harus ke lapangan bawah dan mengikuti upacara pembukaan perjusa. Akhirnya upacara tersebut selesai, kami semua diizinkan untuk memasak makanan yang akan kami santap, tentunya sebelum kami memasak kami berganti pakaian menjadi kaus bebas dan celana pendek terlebih dahulu. Alatt dan bahan kami siapkan dan waktunya untuk memasak!! Sekitar 1 jam kami memasak dan akhirnya pun jadi, perut kami sudah lapar dan ingin secepat mungkin menyantap makanan yang kami masak. Setelah kami makan kami harus mencuci piring kami masing masing. Setelah makan diperbolehkan juga untuk mandi ada yang mandi ada juga yang tidak karena hari sudah malam dan takutnya jadi masuk angin.  Ini adalahh saat yang paling ditunggu tunggu atau puncak dari perjusa ini. Beberapa anak menyebutkan sila Pancasila lalu menaruh lilin di kayu kayu itu. Rasanya sangat hangat berada di dekat api unggun kami juga dapat menikmati kebersamaan tersebut.

Setelah acara api unggun, kami mengadakan pentas seni. Setiap regu menampilkan yel yel dan menampilkan kegiatan yang akan mereka lakukan di pensi, ada yang bernyanyi,menari,dan masih banyak lagi. Sebelum kami beranjak untuk tidur kami terlebih dahulu renungan bersama dibawah cahaya bulan yang dipimpin oleh Pak Jaka selaku Kepala Sekolah  kami. Renungan ini sangat menyentuh hati dan membuat kita sadar akan kesalahan kita terhadap orangtua dan sesama. Waktu menunjukkan pukul 22.00, itu artinya kita harus tidur.


 Pagi hari, pukul 05.00 beberapa dari kami sudah bangun, dan kami harus turun kebawah untuk olahraga pagi. Setelah olahraga kami memasak nasi goreng untuk sarapan kami. Seperti biasa setelah masak dan makan kami mencuci piring. Setelah itu kami ganti bju menjadi baju olahraga, karena kami akan mengikuti outbond. Menurutku outbondd adalah acara terseru, kami dapat bermain air, kerja sama, kecepatan, ketangkasan dan lainnya. Setelah outbond selesai baju kami sudah basah kuyup karena outbond tersebut. Kamipun mandi dan berganti pakaian pramuka lengkap. Lalu kami makan nasi box bersama.

Akhirnya kita tiba di pnghujung acara yakni upacara penutupan perjusa. Setelah selesai kami tidak lupa untuk mengabadikan momen perjusa ini dengan berfoto bersama. Dan kamipun pulang.

Perjusa memang kegiatan pramuka yang paling menyenangkan selain itu kita dapat melatih kemandirian, kerja sama, disiplin, dan lain lain.  
                                      



KEGIATAN PERKEMAHAN JUMAT SABTU
SMP SANTO ANTONIUS
Rahel Valencia IX_MM Team 

Jumat, 19 Oktober 2018
Jumat sore kami seluruh murid SMP Santo Antonius bersiap untuk mengikuti kegiatan perjusa. Jam 17.00 kami melaksanakan apel pembukaan untuk memulai kegiatan ini. Selama apel kami di dampingi oleh bapak ibu guru kami dan Kak Widi selaku pembimbing pramuka kami. Setelah selesai apel kami ganti baju untuk bersiap memasak. Menu kami sore ini adalah sayur dan tahu tempe. Kami memasak di lapangan bersama-sama. Selain itu, kami juga membagi tugas agar seluruh anggota mendapatkan bagiannya. Selesai memasak kami membereskan seluruh perlengkapan memasak kami dan bersiap untuk makan. Regu putra makan di kantin sedangkan regu putri makan di lab IPA. Setiap regu diperbolehkan makan asalkan bersama dengan anggotanya. Selesai makan kami membereskan perlengkapan makan kami dan bersiap-siap untuk mandi dan ganti baju. 
Malam harinya, kami berkumpul di aula sebelum nantinya kami turun ke lapangan untuk melaksanakan pentas seni dan api unggun. Kami diberi waktu untuk latihan selama di aula. Setelah waktu latihan selesai kami langsung turun menuju lapangan. Di bawah kami melaksanakan api unggun didampingi oleh alumni yang bertugas sebagai pendamping pramuka dan Kak Widi. Saat api unggun menyala kami bersama-sama menyanyikan lagu “Api Unggun”. Kemudian, kami bersiap-siap untuk menyaksikan dan menampilkan pentas seni kami. Suasana pada waktu itu sangat hangat, seru, dan menyenangkan. Kami sangat merasakan kebersamaan antara satu sama lain. Penampilan setiap regu sangat bagus dan membuat suasana ramai. 


Selanjutnya, kami melakukan renungan malam yang dipimpin oleh kepala sekolah kami, Pak Jaka. Kami membuat lingkaran besar dan duduk mendengarkan apa yang disampaikan oleh Pak Jaka. Seketika suasana berubah. Dari yang awalnya menyenangkan seketika menjadi haru. Banyak di antara kami yang terbawa suasana. Pada hari ini kami merasa begitu lelah dan ingin segera beristirahat. Maka, ketika renungan malam selesai dan kami bisa mulai beristirahat kami semua merasa senang. Ternyata, saat sampai di ruang kelas untuk beristirahat masih ada beberapa yang tidak bisa tidur dan pada akhirnya mengganggu kami yang ingin segera beristirahat.  


Sabtu, 20 Oktober 2018
Pagi hari kami melakukan senam pagi yang diiringi oleh lagu. Senam pagi kami dipimpin oleh Pak Alfon dan Kak Widi. Setelah senam kami bersiap untuk memasak sarapan. Menu yang dimasak adalah nasi goreng. Semua regu sibuk mempersiapkan peralatan masak mereka. Seperti biasa setelah selesai memasak kami membereskan perlengkapan dan menuju ke Lab IPA untuk makan. Beberapa menit setelah makan kami mempersiapkan diri untuk melakukan out bond. 
                                       
Di out bond ini ada beberapa pos yg harus kita lewati seperti, pos air, karet genit, halang rintang, tongkat gila, dan rumah tikus. Semua pos sangat menarik dengan temanya masing-masing dan membuat kami merasa nyaman dan senang pastinya. Selain itu di out bond ini kita bisa melatih kekompakan dan kebersamaan yang pastinya sayang kalo dilewatkan. Selesai out bond kita dipersilahkan untuk mandi, tetapi sebelumnya kita harus membereskan ruang kelas seperti semula. Selesai mandi kami harus memakai seragam pramuka lengkap karena setelah itu kita akan melakukan apel penutupan perjusa. Kami mengikuti apel ini dengan tertib agar apel cepat selesai dan kami cepat pulang.. Yeayy!!!



 Ini Perjusaku, mana Perjusamu??? 
Dara angelica IX_MM Team 

Halo teman-teman aku adalah salah satu wakil siswi dari SMP Antonius yang ingin menceritakan sedikit pengalaman ku tentang perjusa kemarin. Perjusa adalah Perkemahan Jumat Sabtu yang selalu diadakan setiap tahunnya sama SMP Antonius guna meningkatkan kedisiplinan,kemandirian, rasa tanggung jawab dari setiap siswa/i. Perjusa ini adalah salah satu kegiatan pramuka yang mengutamakan kerjasama dari masing-masing regu penggalang. Kebetulan aku masuk dalam Regu Sakura, melalui sebuah regu ini kami semua diajarkan kemandirian, yaitu masak sendiri, cuci piring sendiri, dan lain-lain. Selain itu kami juga diajarkan sikap saling kerjasama , misalnya berpikir bersama dalam membuat yel-yel, bekerja sama untuk memenangkan setiap pos di games outbound, dan lain sebagainya. Tak lupa pula kita ajarkan tentang kedisiplinan, disiplin yang diajarkan melalui perjusa ini ada disiplin dalam hal waktu. Dan kami juga diajarkan sikap tanggung jawab ,misalnya jika ada salah satu anggota yang salah, yang akan dihukum adalah semua anggotanya bukan yang salah saja. Nah, bagi aku ini semua merupakan cara dasar dari para guru dan pelatih untuk mendidik kami dalam hal kemandirian,kedisiplinan,kerjasama dan bertanggung jawab. Dalam acara perjusa kali ini aku merasa sangat bahagia sekali , kebersamaan yang terjalin antar regu, antar siswa , antar siswa dan guru lebih terlihat. Hal yang paling dinanti-nantikan setiap anak dalam hal perjusa adalah pada saat malam api unggun, termasuk aku, aku juga selalu menunggu moment itu. Dalam acara malam api unggun kemarin kebersamaan yang terjalin begitu terlihat, dari mulai kita tampil dalam acara pensi per regu, nyanyi bersama, dan proses penyalaan api unggung yang sangat khidmat. Oh ya, tak lupa juga di perjusa kali ini ada acara outbound. Di dalam outbound dibagi dalam beberapa pos, pos pertama tentang oper air, pos kedua lempar karet , pos ketiga adalah berjalan melewati rintangan , pos keempat tentang tongkat , pos kelima tentang bola. Semua pos sangat menyenangkan , kunci di dalam setiap pos adalah kerjasama yang baik. Intinya acara perjusa adalah acara yang tidak bisa terlupakan bagi siswa/i SMP Antonius. Ini adalah kesan ku selama perjusa , terima kasih- Dara 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebersamaan dalam Retret

V.A.L.E.N.T.I.N.E.

MENANAMKAN JIWA DEMOKRASI SEJAK DINI