MENANAMKAN JIWA DEMOKRASI SEJAK DINI

PILKATOS 2018/2019
Rahel Valencia IX_MM Team
 


Pada hari Senin, 26 November 2018, SMP Santo Antonius mengadakan PILKATOS tahun 2018/2019. Pilkatos ini dilakukan di ruang aula dengan diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 7-9 dan Bapak Ibu guru kami. Sebelum memulai kegiatan ini seperti biasa kami menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars SMP Santo Antonius serta berdoa bersama yang dipimpin oleh guru kami, Ibu Santi. Selanjutnya kami mendegarkan kata sambutan dari Bapak Kepala Sekolah kami. 

Setelah itu, dimulailah kegiatan pilkatos ini. Satu per satu nama dipanggil untuk menukarkan kartu pemilihan dengan surat suara. Semuanya tampak bersemangat dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pertama-tama, kita menukarkan kartu pemilihan dengan surat suara. Selanjutnya, kita menuju ke bilik satu atau dua untuk melakukan pencoblosan. Setelah mencoblos, surat suara itu kita lipat dan masukkan ke dalam kotak suara dan selanjutnya jari kelingking kita di cap dengan tinta sebagai bukti bahwa kita telah resmi mencoblos. 
Semuanya rangkaian kegiatan ini berjalan dengan baik dan penuh dengan rasa penasaran. Para masing-masing pemilih berharap agar pilihannya dapat unggul dan menjadi pemimpin OSIS. Saat penghitungan surat suara semuanya sangat menanti siapakah pemimpin OSIS tahun 2018/2019. Masing-masing pemilih bertepuk tangan dan bersorak saat pilihannya disebutkan. Sayangnya, pada penghitungan ini terdapat 3 surat suara yang dinyatakan tidak sah karena tidak ada tanda bahwa surat tersebut telah dicoblos. Tetapi, penghitungan ini masih terus berlanjut sampai pada akhirnya kita semua mendapatkan ketua osis dan wakil ketua osis yang baru. Mereka adalah Indira sebagai ketua osis dan Rafael sebagai wakil ketua osis.




SEMARAK PILKATOS 2018
Angelica Dara IX_MM Team
 
Setelah melewati kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) mengenai pemberian bekal kepemimpinan terpilah calon-calon pengurus osis yang baru. Pada saat LDKS  terpilihlah 2 kandidat caketos dan cawaketos, yaitu
~ Kandidat 1 = Yohan & Santa
~ Kandidat 2 = Indira & Rafael
Setelah kegiatan LDKS terlaksanakan , banyak kegiatan-kegiatan selanjutnya yang harus seluruh siswa ikuti, contohnya berpartisipasi dalam kampanye , debat OSIS dan PilKaTos. Pada hari Senin,26 November 2018 akan diadakan kegiatan pemilihan ketua OSIS untuk masa bakti 2018-2019.

Dan yakkk..... Hari yang kita tunggu-tunggu telah tiba !!!

Yeah!!! Benar sekali hari ini adalah Senin, 26 November 2018 bertempat di Aula SMP Santo Antonius Jakarta sedang berlangsung pemilihan Ketua OSIS. Kegiatan ini memberi kesempatan kepada murid untuk belajar berdemokrasi. Mereka diberi kesempatan memilih dan dipilih secara langsung…


Dalam kegiatan ini saya sangat senang karena sama bisa terlibat dalam kegiatan 'demokrasi', selain itu saya juga dapat memberikan suara saya agar kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa ada nya siswa yang GolPut. Pada saat masa terpilihnya kandidat osis ini saya berada di pihak Kandidat 2 karena saya merupakan salah satu TimSes kandidat 2. Saya sangat mendukung visi,misi,dan program yang dibuat dan yang akan dilakukan oleh kandidat 2. Walaupun saya ada di pihak kandidat 2 tapi saya tetep memilih yang pantas dipilih dan dapat dilihat dari banyak sisi.


Setelah melewati serangkaian susunan acara , akhirnya tiba juga pada bagian penghitungan surat suara. Seketika suasana di Aula menjadi tegang karena pemilihan ketua OSIS kali persaingannya terlihat sangat ketat. Setelah mendengar hasil akhir perhitungannya Kandidat 1 mendapat 43 suara dan Kandidat 2 mendapat 48 suara. Baru kali ini perbedaan perolehan suara dalam PilKaTos sangatlah tipis.Akhirnya, Kandidat 2 yaitu Stefany Indira sebagai Ketua OSIS dan Rafel sebagai Calon Wakil Ketua OSIS. Setalah itu kandidat 1 memberi salam selamat kepada kandidat 2 dan disitu saya merasa sangat bangga karena WALAUPUN DALAM KOMPETISI PERSABAHAT/PERTEMANAN TIDAK AKAN PERNAH BERUBAH!!! Dan kami para siswa dan para guru sangat mengharapkan bahwa Kandidat 2 dapat menjadi teladan bagi siswa yang lain dan visi,misi,serta program nya dapat terlaksana.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kebersamaan dalam Retret

V.A.L.E.N.T.I.N.E.